October 21, 2016

Toge Sayuran Bergizi Cocok Bagi Ibu Muda Ingin Cepat Hamil

Toge atau Tauge Sayuran Bergizi Cocok Bagi Ibu Muda Ingin Cepat Hamil


Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai kandungan gizi sebagai manfaat toge, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah risikonya untuk kesehatan.Toge dibuat dari kacang hijau. Meski ada pula toge yang terbuat dari kacang kedelai. Umumnya, proses kacang menjadi toge diperlukan waktu sekitar satu minggu.

Toge biasa ditumis, bisa jadi sayuran Rawon, bisa menjadi pelengkap isian spring roll.  Meski banyak orang yang suka Toge mentah sebagai lalaban. Toge yang dijual dipasaran, memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella. Infeksi yang disebabkannya dapat menimbulkan gejala sakit perut, diare, sakit kepala, pusing, muntah, dan demam. Selain itu, ada pula risiko toge terkena bakteri Eschericia coli yang juga dapat menyebabkan infeksi. Hal seperti itu bisa terjadi karena pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang kurang baik, ataupun terkontaminasi saat proses sprouting (proses jadi kecambah). Selain itu, kondisi hangat dan lembap selama proses perubahan kacang menjadi toge juga dapat membantu bakteri tetap hidup.

Untuk mengonsumsi toge secara aman, lakukan hal-hal sebagai berikut. Beberapa ahli berpendapat bahwa toge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, pada saat nutrisinya masih belum banyak yang rusak. Jika pun harus dimasak, idealnya toge ditumis atau dikukus sebentar saja, jangan lama-lama. Beberapa ahli yang lain berpendapat bahwa toge harus dimasak sebelum dikonsumsi, yang tujuannya untuk tidak mengambil resiko terhadap kemungkinan adanya bakteri E-coli yang mungkin mengkontaminasi toge.Meskipun demikian, disarankan agar toge tidak dimasak terlalu lama dan harus langsung dikonsumsi segera setelah dimasak untuk mencegah menurunnya kadar nutrisi.
Jika toge harus direbus, misalnya untuk membuat sup, jangan masukkan toge ke dalam panci sejak awal. Masukkan toge paling akhir ke dalam panci beberapa saat sebelum api kompor dipadamkan.
Dengan begitu, vitamin C serta enzim yang rusak diperkirakan hanya sekitar 20%. Jika direbus dalam jangka waktu lama, kerusakan nutrisi bisa mencapai minimal 60%.

Pada waktu memilih toge, carilah yang pendek dan gemuk, bersih, tidak berlendir, tidak kendur dan tidak bertekstur seperti benang. Konsumsi toge dalam waktu tidak lebih dari 2 hari setelah dibeli, dan pastikan untuk mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Untuk membuat toge di rumah Anda sendiri, mulailah dengan merendam kacang hijau dalam air hangat selama 1 malam. Keesokan harinya, cuci dan bilas. Tempatkan toge dalam wadah (baskom atau toples) dan tutup dengan kain katun tipis. Setelah muncul tunas pendek, toge siap untuk dikonsumsi.

Cium bau toge yang akan Anda beli. Jika toge masih segar, seharusnya tidak berbau. Hindari jika timbul bau tak sedap dari toge. Cuci bersih toge serta sayur dan buah-buahan lain, hal ini untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya..Segera masukkan toge ke kulkas atau lemari pendingin. Namun, simpan terpisah toge mentah dari sayur lain, untuk menghindari kontaminasi.
Penting diperhatikan, toge mentah sama sekali tidak boleh dikonsumsi anak-anak, wanita hamil, lanjut usia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Banyak nutrisi penting yang dapat diperoleh dari manfaat toge, namun pastikan konsumsi toge keluarga Anda tetap aman.


Manfaat Toge Untuk Kesuburan Dan Kesehatan

Toge mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Selain itu, toge juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega-3 yang berlimpah. Toge mengandung banyak oksigen, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan, serta manfaat yang lain.

Manfaat Toge Toge adalah bahan makanan yang sangat rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, vitamin C dan kalsium. Toge juga merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Dalam kaitannya dengan kesuburan, toge berlimpah akan kandungan asam folat, yaitu suatu vitamin yang penting untuk kesehatan darah dan sangat diperlukan untuk mempromosikan kehamilan yang sehat.

Toge meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan saponin pada toge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon. Toge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.
Manfaat toge untuk pencernaan Karena bersifat basa, toge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, serta memperlancar buang air besar.

Manfaat toge untuk meningkatkan kesuburan Anda sulit hamil walaupun sudah lama berusaha? Poin ini mungkin untuk Anda. Toge memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan. Jika dikonsumsi secara teratur, toge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam toge, khususnya vitamin E-alpha, sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki.
Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi toge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat toge untuk kecantikan kulit  Toge juga dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena toge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Manfaat toge untuk mencegah gangguan menstruasi dan menopause Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki toge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi. Jika Anda sering mengkonsumsi toge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi.

Manfaat toge untuk wanita Toge juga mengandung estrogen alami yang berfungsi seperti estrogen buatan. Estrogen dalam toge tentu dapat meningkatkan kepadatan serta struktur tulang, dan juga menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis). Wanita yang mengkonsumsi toge secara teratur juga terhindar dari risiko kanker payudara, masalah haid dan gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.

Sumber : http://www.program-hamil.com/2015/04/18-manfaat-toge-untuk-kesuburan-dan.html

No comments:

Post a Comment