March 8, 2017

Tips Sederhana Agar Bisa Hamil

Tips Sederhana Agar Bisa Hamil

Bagi sebagian orang, kehamilan tak datang dengan mudah. Memang banyak hal bisa jadi penyebabnya, berikut Enam tips yang bisa membantu Anda mewujudkan keinginan Anda untuk bisa segera hamil, tentunya, dengan cara alami dan sehat.

Pertama :  Perhatikan berat badan   Idealnya, Anda memulai kehamilan memang pada saat berat badan ideal. Meski begitu, bukan berarti Anda harus melakukan penurunan berat badan secara radikal, dengan berbagai cara instan yang tidak sehat. "Yang terbaik adalah melakukan pengaturan pola makan dan olahraga sebelum konsepsi dan lanjutkan hal ini saat hamil dan setelah persalinan," kata Dr Susan Clifford, asisten profesor obgyn di Duke University Medical Center.
Menjaga berat badan juga berarti berhenti merokok, menghindari alkohol, minum vitamin prenatal, dan mengonsumsi makanan sehat.
Kedua : Prediksi masa subur   Untuk memaksimalkan peluang kehamilan, cobalah menggunakan alat prediksi masa subur. Alat ini akan mendeteksi hormon luteinizing yang tinggi saat kita sedang subur. Cara penggunaannya pun mudah, seperti halnya alat tes kehamilan di rumah.
Ketiga : Jaga suasana romantis   Salah satu usaha untuk hamil adalah melakukan hubungan seksual saat masa subur. Namun, keinginan yang besar untuk hamil biasanya justru akan membuat hubungan seksual sebagai suatu kewajiban. Sehingga, Anda dan suami pun berisiko terjebak dalam suasana tegang.
Untuk mencegah timbulnya perasaan tersebut, cobalah tetap bersikap romantis dan lakukan sesuatu yang membuat rileks sebelum bercinta. Misalnya, nonton film berdua atau pillow talk mengenai hal-hal ringan. Selain itu, hindari memaksa pasangan bercinta hanya karena Anda sedang dalam masa subur. Buat acara bercinta tetap menyenangkan, tanpa paksaan dan tekanan.
Keempat : Tes dan tes  Ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel di rahim, tubuh akan memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dan kehadiran hormon ini bisa dideteksi oleh alat tes kehamilan di rumah.
Jangan segan melakukan tes kehamilan jika menstruasi Anda terlambat. Cara ini sangat membantu untuk melindungi calon bayi dan Anda bisa segera melakukan perubahan gaya hidup demi kesehatan janin.
Kelima :  Siapkan mental   Meski perlu melakukan tes saat menstruasi terlambat, Anda juga perlu menyiapkan mental. Perasaan tak sabar menanti hasil di alat tes kehamilan, kemudian hasil menunjukkan bahwa Anda negatif, tentu akan membuat sedih.
Para ahli menyebutkan, kemungkinan pasangan usia subur untuk hamil per siklus adalah 20 persen, dan sekitar 50 persen pasangan usia subur baru bisa hamil setelah enam bulan. Sementara itu, 85 persen pasangan baru hamil setelah satu tahun melakukan program kehamilan.
Keenam : Bergabung dengan kelompok   Jika Anda masih berusaha untuk mendapatkan kehamilan, percayalah Anda tak sendiri. Temukan teman-teman lain yang memiliki kisah sama dan bergabunglah dengan komunitas. Ini akan membuka pengetahuan dan bisa menjadi media berbagi pengalaman. Mengetahui bahwa Anda memiliki teman-teman dengan kondisi yang sama akan membuat hati lebih tenang dan tidak stres. Kondisi emosi dan pikiran yang tenang bukan tak mungkin membantu Anda untuk cepat hamil.


No comments:

Post a Comment